Kamis, 12 Juli 2012

Membuka ponsel pasangan

Beberapa waktu yang lalu di salah satu milis yang saya ikuti, rame dibahas apakah HP/Ponsel itu merupakan sesuatu yang pribadi sehingga pasangan tidak boleh membukanya tanpa seijin kita? :D

Weewww..., rame banget ngebahasnya.. Sudah bisa ditebak kalau ada dua pendapat yang berbeda. Setuju bahwa ponsel adalah barang pribadi dan bahkan pasangan pun ga boleh ngeliat tanpa ijin. Pihak yang lain, tidak setuju karena kalau sudah menikah, harusnya tidak boleh lagi ada yang disembunyikan.

Tulisan ini adalah pendapat saya yang juga saya tulis di milis tersebut. Memang benar setelah menikah kita harus terbuka dengan pasangan, tapi bukan berarti boleh buka-buka ponsel pasangan. Keterbukaan bisa dijalin dengan saling cerita, saling tau aktifitas masing-masing.

Seharian nggak bertemu, ketika sudah di rumah, sebelum tidur saling cerita aktifitas masing-masing. Kalau pas hari libur, saling mengenalkan teman-teman di lingkungannya. Menurut saya, itu satu bentuk keterbukaan dan kepercayaan pada pasangan.

Tak usahlah kita menaruh curiga dengan selalu membuka-buka ponsel pasangan. Kalau pasangan selingkuh tidak melulu karena ga boleh saling membuka ponsel kok. Bagi saya, selingkuh atau gak nya pasangan itu karena komunikasi yang tidak terjalin dengan baik.

Dan lagi, kalau selingkuh, tanda-tandanya ga cuma bisa dilihat dari sms/telp, tapi bisa dari gesture/body language pasangan. Sebagai pasangannya, tentunya kita bisa merasakan ada yang salah, kalau dia sedang selingkuh ;)

Lain lagi kalau sejak awal kita dan pasangan boleh saling buka ponsel, tiba-tiba dia ga membolehkan kita membuka ponselnya :D Bolehlah kita curiga, hehehe....

Akhirnya, itu kembali dari kesepakatan masing-masing pasangan dari awal menikah. Lebih nyaman menjadikan ponsel sebagai barang pribadi yang tidak boleh semua orang bahkan pasangannya untuk membuka atau sebaliknya membolehkan saling mengetahui isi ponselnya :)

2 komentar:

ryna mengatakan...

kalo aku sih nyantai aja, mo buka2 juga boleh...suami juga gk keberatan...tergantung masing2 pasangan aja. kalopun ada yg selingkuh, bukannya jejak2 di hp/bb akan cepet2 dihapus? hehhehehe...

nice post nov

Novie mengatakan...

thanks Ryna :) Memang semua tergantung dari pasangan masing2 :)