Kamis, 28 Mei 2015

Tips bekerja dari rumah


Tips ini diberikan berdasarkan pengalaman saya sendiri, yaa.. :)

Karena sudah melakukan sejak beberapa tahun yang lalu, maka saya sedikit banyak tau cara menyiasati agar bisa tetap bisa "bekerja" meskipun dari rumah.

Mengapa harus disiasati?
Ya iya lah, kan kalau di rumah, saya juga harus menyelesaikan berbagai pekerjaan domestik dan tentunya juga mengasuh anak :D

Jadi kalau tidak disiasati, tentunya energi akan banyak terkuras dan bisa-bisa "pekerjaan" (baca: bisnis) saya sama sekali tidak tersentuh.

Baiklah, ini dia tips dari saya :)

1. To Do List (TDL)
Wajib disiapkan selambat-lambatnya setelah sholat Subuh :D Lebih bagus kalau sudah siap malam sebelumnya.

Biasanya saya tulis semua yang harus saya kerjakan hari itu. Pekerjaan domestik dan bisnis. Setelah tertulis semua, saya pisahkan yang bisnis.

Saya uraikan kembali TDL Bisnis, apa yang harus saya kerjakan hari itu. Mulai dari prospecting sampai mengajari downline baru soal Success Plan.

Jangan lupa untuk memberi waktunya yaa... :)

2. Mandi
Penting! Karena merasa di rumah saja, kadang kita melupakan yang ini, hehehe...

Mandi pagi itu membuat saya merasa segar dan siap untuk beraktifitas.

Selain itu, jika tetiba ada keperluan yang mengharuskan saya keluar rumah dan bertemu orang, saya sudah tida terburu-buru lagi :D

3. Meja Kerja
Tentunya juga akan lebih konsentrasi kalau kita mengerjakan bisnis dari rumah di meja sendiri.

Setting meja kerja sesuai dengan style kita agar membuat lebih semangat.

Meja kerja juga membuat saya jadi lebih disiplin, tidak harus berpindah-pindah tempat.

4. Minum
Persis seperti kerja di kantor, sediakan botol minuman atau camilan di meja kerja.

Mengapa?
Supaya tidak perlu bolak-balik ke dapur hanya untuk ambil minum atau buka kulkas. Aktifitas itu sepele, tapi bisa mengacaukan konsentrasi.

5. Istirahat
Bekerja dari rumah memang fleksibel, tapi kalau tidak disiasati, pekerjaan domestik atau bisnis sepertinya tidak akan ada habisnya.

Ujung-ujungnya kita merasa kehabisan waktu. Padahal waktu tidak pernah habis :D

Makanya saya butuh istirahat, butuh jeda. Biasanya saya memilih tidur siang sekitar 1-2 jam.

Kira-kira itu yang saya lakukan setiap hari saat bekerja dari rumah. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: